Halaman

Senin, 16 Maret 2020

Cara Produktif Kerja di Rumah


Hai, sobat dunia selamat pagi moms. Dengan semakin merebaknya covid-19 kita dianjurkan untuk mengurangi aktivitas di luar dan disarankan untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Kedengarannya menyenangkan ya. Bagaimana sih caranya kita bisa kerja produktif di rumah. Berikut moms tips-tipsnya. Yuk Disimak :

1. Tetap Menjalankan Rutinitas Pagi

Jika sulit bangun pagi, sangat disarankan untuk memiliki rutintas pagi, seperti olahraga atau mandi. Nah, manfaat baik bekerja dari rumah adalah, kamu nggak perlu melakukan rutinitas pagimu sepenuhnya, seperti harus memilih pakaian kerja atau menggunakan riasan. Namun, penampilanmu dapat memberi pengaruh pada perasaanmu, dan tanpa rutinitas pagi itu, pikiranmu akan sulit untuk terjaga dan bekerja. Jadi sekalipun nggak ke kantor, tetap usahakan untuk menjalankan rutinitas pagimu sebagai bentuk mengawali hari yang baik dan mempersiapkan pikiranmu menjadi "mode bekerja".

2. Memaksimalkan Aplikasi untuk mengelola pekerjaan

Salah satu kualitas dari pegawai yang sukses bekerja dari rumah adalah, kemampuan mengelola atau organisasi yang baik. Dengan fleksibilitas yang meningkat dan struktur yang berkurang, penting untuk tetap teratur. Para spesialis karier mengatakan kalau aplikasi terbaik yang perlu kamu gunakan adalah kalendermu. Atur jadwal kerja pada kalendermu, termasuk waktu istirahatmu. Penting untuk meluangkan waktu istirahat, meskipun kamu kerja dari rumah. Sebab, bisa saja kamu terjebak dalam conference call meeting yang tidak berujung. Selain itu, kamu menjaga waktu kerjamu tetap produktif.

3. Buat tempat kerja dadakan di rumah

Entah itu sebuah ruangan, entah itu hanya kamarmu, temukan ruang kerjamu di dalam rumah. Dengan begitu, kamu nggak perlu membersihkan seluruh rumah untuk terlihat seperti ruangan profesional. Membuat ruangan khusus bekerja ini membantu membangun konsentrasi tubuh untuk fokus bekerja, serta menunjukkan pada orang-orang di rumah kalau kamu memang sedang bekerja. Jangan lupa untuk memiliki perlengkapan yang mendukungmu bekerja, seperti fasilitas internet dan laptop.

4. Tetap Fokus Menyelesaikan Tugas

Ketika bekerja di luar kantor, sangat penting untuk menjadi proaktif agar pekerjaan atau proyek cepat selesai. Jika memiliki rekan tim yang tinggal di daerah dengan zona waktu berbeda, besar kemungkinan akan terjadi perbedaan waktu kerja dalam tim. Belum lagi kesalahpahaman kecil yang terjadi dalam komunikasi. Jadi, usahakan untuk tetap fokus pada pekerjaan atau projek sehingga semuanya tetap berjalan seperti biasanya.

5. Memisahkan diri dari gangguan atau orang di sekitarmu saat bekerja

Distraksi adalah penghalang produktivitas terbesar saat bekerja di luar kantor. Jadi, sebisa mungkin untuk menghindarkan diri sendiri dari berbagai gangguan yang ada. Mulai dari smartphone-mu, media sosial, hingga anggota keluarga. Para spesialis karier berpendapat penting untuk mengingatkan keluarga kalau kamu berada di rumah bukan berarti memiliki banyak waktu luang untuk mengobrol santai. Jika merasa kehilangan konsentrasi, cari tahu hal yang mengganggumu dan temukan solusi terbaik sehingga kamu dapat bekerja kembali. Dengan begitu, kamu dapat memaksimalkan waktu kerja seperti saat berada di kantor dan dapat mematikan laptop tepat sesuai jam pulang kerja biasanya.

                  foto : Shutterstock.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Strategi Pemasaran untuk Menarik Banyak Pelanggan

Terdapat banyak tantangan dan persaingan yang harus Kamu lewati sebelum mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Salah satu hal penting yang ha...