Strategi
Beradaptasi di Tempat Kerja Baru
Memulai
pekerjaan baru adalah hal yang sangat menyenangkan. Apalagi kalau itu pekerjaan
impian Anda, Anda pasti sudah tidak sabar ingin segera masuk kerja. Tapi,
adakah cara jitu adaptasi di tempat kerja baru?
Lebih dari kemampuan Anda di suatu bidang pekerjaan, Anda
harus punya kemampuan adaptasi yang
baik dengan lingkungan kerja baru. Peran orang-orang di sekeliling Anda saat
bekerja sangatlah penting, bahkan berpengaruh pada kinerja dan performa Anda.
Salah
satu keniscayaan dalam hidup adalah perubahan. Termasuk ketika Anda harus
berubah tempat kerja. Ketika pertama kali masuk ke tempat kerja baru, Anda akan
merasa asing dan hal itu sangatlah wajar. Proses adaptasi bisa memunculkan
tekanan tersendiri, namun seiring berjalannya waktu Anda pasti akan menemukan
kenyamanan.
Yuk,
simak apa saja strategi jitu beradaptasi di tempat kerja baru!
1. Jangan mudah merasa tertekan
Minggu-minggu
pertama bekerja di tempat baru adalah saat-saat tersulit bagi siapa saja. Ada
begitu banyak hal yang dipelajari hingga rasanya Anda tidak sanggup mencerna
semua informasi yang masuk. Tetaplah tenang dan tidak perlu menyalahkan diri
sendiri jika Anda tidak mampu menampungnya.
Hindari
perasaan tertekan di awal-awal bekerja dengan mengukur ekspektasi Anda sendiri.
Jangan menetapkan standar yang terlalu tinggi, karena setidaknya Anda akan
butuh 3 sampai 6 bulan sampai benar-benar “klik” dengan kantor baru. Tidak
perlu panik jika performa Anda ternyata berada di bawah kemampuan Anda. Pada
waktunya nanti Anda akan kembali ke level semula.
2. Perkaya diri dengan pengetahuan
Sebelum
mulai masuk kerja hari pertama, cari tahu sebanyak mungkin tentang perusahaan
Anda. Cari informasi di internet atau kenalan yang pernah dan masih bekerja di sana.
Semakin Anda banyak tahu, maka Anda akan semakin percaya diri.
Kemudian,
datanglah lebih awal dari siapapun untuk membiasakan diri dengan tempat kerja
yang baru. Pelajari tentang sejarah perusahaan dan bagaimana sistem operasional
mereka dari hari ke hari. Biasakan diri untuk selalu mendengarkan dan mengamati
apapun yang terjadi di sekeliling Anda.
3. Terbuka dengan rekan kerja baru
Lingkungan
kerja yang baik adalah kunci sukses dari pekerjaan apa saja yang dilakukan.
Itulah mengapa menemukan teman adalah cara adaptasi di tempat kerja baru yang
harus dilakukan. Bukalah diri Anda terhadap mereka dan jadilah seseorang yang
ramah.
Perkenalkan
diri Anda pada rekan yang bersebelahan dengan Anda. Tawarkan bantuan jika
mereka sedang kewalahan dengan pekerjaan, dan akrabkan diri dengan menanyakan
atau meminta saran yang berkaitan dengan perusahaan Anda.
4. Temukan mentor di tempat kerja
Tidak
semua perusahaan memberikan mentor bagi karyawan baru. Jika ada, maka Anda
sangat beruntung. Namun jika tidak, temukan mentor Anda sendiri. Yaitu
seseorang yang sudah lebih lama bekerja di bidang yang sama dan punya segudang
pengalaman.
Jangan
malu untuk bertanya dan meminta saran pada mereka. Anda juga bisa bertanya
tentang perjalanan karir mereka dan mengambil pelajaran berharga dari sana.
Memiliki mentor di tempat kerja sangat bagus untuk perkembangan karir Anda.
5. Bersosialisasi dengan teman sekantor
Sebagai
orang yang baru, Anda harus punya jiwa sosial yang tinggi. Cobalah untuk
mengakrabkan diri dengan beberapa rekan kerja, dimulai dari rekan yang
bersebelahan meja dengan Anda.
Jangan
pernah menolak ajakan rekan kerja untuk bersosialisasi. Misalnya saat mereka
mengajak Anda makan siang di luar, bergabunglah dengan mereka. Ingat bahwa
tidak ada seorangpun yang mengenal Anda di tempat kerja baru, jadi Anda harus
memperkenalkan diri kepada mereka dan membiarkan mereka mengenal Anda secara
pribadi.
Sering
mengobrol dengan teman sekantor tentang hal-hal yang sifatnya personal juga
bisa menambah kedekatan dengan mereka.
6. Jangan malu bertanya
Sangat
wajar jika Anda tidak tahu banyak tentang kantor baru Anda. Oleh karena itu,
saat Anda tidak mengerti atau memahami sesuatu, jangan mencoba untuk mencari
solusinya sendiri. Itu artinya Anda mengisolasi diri dari lingkungan kerja.
Sebaliknya, jangan malu bertanya pada rekan kerja yang lebih
senior. Ini juga bisa jadi salah satu cara untuk mengenal mereka lebih dalam.
Tanyakan apa yang tidak Anda mengerti, sehingga Anda tidak perlu membuang-buang waktu memikirkan
hal-hal tersebut.
7. Jaga kesehatan diri
Kebanyakan
karyawan baru melewatkan waktu makan siang karena banyaknya pekerjaan yang
harus dilakukan. Ini adalah langkah yang salah karena membuat produktivitas
kerja menurun. Salah satu cara adaptasi di tempat kerja baru agar Anda merasa
nyaman adalah dengan menjaga asupan nutrisi untuk tubuh.
Jika
Anda tidak bisa beranjak dari meja kerja untuk makan siang, bawalah bekal
makanan sehat dari rumah untuk disatap di kantor. Saat perut terisi, pekerjaan
seberat apapun pasti bisa diselesaikan.
Yang
tidak kalah pentingnya adalah berolahraga secara rutin. Gunakan akhir pekan
untuk melemaskan otot-otot tubuh sekaligus bertemu dengan teman-teman lama.
Kegiatan semacam ini bisa mengisi kembali energi yang sudah terkuras sepanjang
minggu untuk melakukan pekerjaan.
8. Pelajari budaya tempat kerja
Setiap
tempat kerja pasti punya budaya tersendiri. Mulai dari bagaimana cara
berinteraksi satu sama lain. Perhatikan bagaimana cara setiap orang berbicara,
bagaimana mereka saling berkomunikasi, baik itu di dalam kantor maupun di luar
kantor.
Anda
boleh ramah pada siapa saja, tapi sebaiknya jangan cepat mengambil kesimpulan.
Amati secara obyektif orang-orang yang ada di kantor Anda. Tetaplah netral dan
jangan memihak siapa saja sampai akhirnya Anda menemukan orang yang bisa
dipercaya. Tentu saja proses ini akan memakan cukup banyak waktu.
9. Jangan membandingkan dengan pekerjaan lama
Pekerjaan
Anda yang lama mungkin sangat bagus dan membekas di hati. Namun menceritakan
bagaimana hebatnya bekas kantor Anda, terutama pada rekan-rekan kerja baru,
bukanlah langkah yang bijaksana. Tidak perlu menunggulkan pekerjaan lama Anda
karena itu membuat Anda secara tidak sengaja menutup diri dengan lingkungan
baru.
Jadilah
orang yang rendah hati. Misalnya saat rekan kerja Anda melakukan suatu
pekerjaan yang merupakan keahlian Anda di kantor lama. Bantulah mereka
menyelesaikannya dengan niat tulus tanpa menyombongkan apapun. Jangan selalu
menerapkan cara-cara lama, karena setiap tempat kerja punya teknik tersendiri
yang tidak ditemukan di tempat lain.
10. Tersenyumlah
Positivitas
adalah sesuatu yang menular. Banyaklah tersenyum di tempat kerja agar
rekan-rekan Anda yang baru senang melihat Anda. Tersenyum akan membuat diri
Anda lebih baik dan akan meningkatkan suasana di sekeliling Anda.
Itulah
beberapa cara adaptasi di tempat kerja baru yang bisa diterapkan. Proses
adaptasi membutuhkan waktu, dan tidak sama bagi setiap orang. Teruslah
memperbaiki diri dan temukan cara-cara baru untuk membuat diri Anda merasa
lebih nyaman di tempat kerja. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.