Dalam dunia kerja, tidak jarang kita akan bertemu dengan persaingan antar rekan kerja di kantor. Munculnya persaingan, biasanya didasari sikap ambisius para karyawan untuk menjadi yang terbaik di antara rekannya yang lain. Namun ada juga, beberapa orang yang mengalami beban ketika harus mengalami persaingan antar rekan kerjanya. Hal itu bisa membuat produktivitas kerja semakin menurun.
Persaingan khususnya dalam pekerjaan, sebenarnya bisa dihadapi secara sehat. Lalu apa yang harus kita lakukan agar menghadapi persaingan dengan cara yang positif? Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi persaingan di kantor
Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah selalu berpikir positif tentang persaingan yang sedang kamu hadapi. Kamu harus memiliki pemikiran, bahwa persaingan bukanlah suatu hal yang akan merugikan dirimu. Sebaliknya, bahwa persaingan merupakan hal yang wajar dan bagus untukmu, rekan kerja dan kinerja perusahaan.
Selain itu, persaingan juga bisa memberikan dampak yang postitif terhadap dirimu dan kariermu ke depannya. Karena dengan adanya persaingan, akan membuatmu bisa mengeluarkan kemampuan terbaik yang kamu punya.
2. Jangan fokus terhadap kemampuan orang lain! Tingkatkan kemampuan yang kamu miliki
Untuk membuat persaingan menjadi sehat, kamu harus memiliki keyakinan bahwa kamu memiliki kemampuan, yang belum tentu dimiliki oleh rekan kerjamu. Jangan memiliki pemikiran yang berlebih tentang kemampuan orang lain, yang mungkin saja bisa menghambat kinerjamu di kantor. Supaya kemampuanmu terlihat menonjol, kamu harus memiliki rasa percaya diri terhadap skill yang kamu miliki.
Cara-cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuanmu adalah dengan mencoba untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang dapat membantu mengembangkan skill yang kamu miliki.
3. Bersikap professional juga penting!
kemampuan yang harus kamu miliki dalam menghadapi persaingan adalah dengan bersikap profesional. Tidak banyak orang yang bisa menanamkan sikap profesional dalam dirinya ketika dihadapkan dengan persaingan di tempat kerja. Kalau kamu sedang ada masalah pribadi, jangan pernah membawa masalah yang sedang kamu alami ke tempat kerjamu.
Kalau hal itu sampai terjadi, maka bukan kamu saja yang akan terkena masalah, tapi itu akan berdampak pada pekerjaan, rekan kerja bahkan bisa berpengaruh terhadap perusahaan. Jadi berusahalah untuk bersikap profesional, walaupun itu sulit kamu sedang memiliki masalah.